Bismillah... Setelah dalam postingan kemarin membahas tentang Modem, pada kesemptan ini saya akan sedikit tentang ISP,  apa itu ISP? sobat pasti sering mendengar dengan istilah ISP.
Internet Services Provider (ISP)
Internet Services Provider (ISP)
Oke jika sobat belum tau dan belum mengenal lebih dalam tentang ini, saya akan beritahu sedikit tentang ISP, ISP berasal dari bahasa Inggris yaitu singkatan Internet Service Provider jika diartikan dalam bahasa kita (Bahasa Indonesia) Tempat pelayanan Internet, jika dalam artian yang lebih luas adalah perusahaan/badan usaha yang menjual koneksi internet atau sejenisnya kepada pelanggan. ISP awalnya sangat identik dengan jaringan telepon, namun karena perkembangan teknologi dan kemajuan zaman, sekarang ISP tidak hanya lewat jaringan telepon tapi juga sudah mennggunakan FO (Fiber Optic).

ISP (Internet Service Provider) ini mempunyai jaringan baik secara domestik maupun internasional sehingga pelanggan atau pengguna dari sambungan yang disediakan oleh ISP dapat terhubung ke jaringan internet global. Jaringan disini merupakan media Tranmisi yang dapat mengalirkan datayang dapat berupa kabel (modem,sewa kabel,dan jalur lebar),radio, maupun VSAT.

Internet Service Provider (ISP) menurut layanannya terbagi dalam dua bagian.
1. Dial on demand Internet
Dial on demand ini adalah layanan internet dimana pelanggan tidak terkoneksi secara terus menerus ke internet. Pelanggan akan dibebani biaya berdasarkan lamanya mereka terkoneksi ke internet. Contoh layanan internet dial on demand adalah : Telkomnet instant dari Telkom, layanan- layanan dial up dari ISP yang lain, juga beberapa layanan dari ISP wireless local.
2. Dedicated Internet  
Pelanggan yang menggunakan dedicated internet akan terhubung terus dengan internet 24/7. Sistem pembayaran dari layanan ini juga biasanya dilakukan per bulan dimana pelanggan akan membayar sesuai dengan paket yang ditawarkan, baik selama sebulan tersebut pengguna memang benar menggunakan internet 24 jam penuh atau tidak.
Sistem dedicated ini biasanya mahal, dan biasanya untuk menekan biaya langganan, ISP memberikan beberapa metode untuk menekan harga misalnya dengan membatasi jumlah data yang boleh didownload dan diupload oleh pelanggan selama 1 bulan. Jumlah batasan data ini biasanya disebut dengan quota. Contoh layanan internet dedicate internet adalah Speedy, ERA AKSES, dan layanan dari chanel 11.

Oke Sobat semua sekian dulu artikel tentang ISP semoga bermanfaat. akhir kata Good Luck Happy Blogging 
Axact

Z-PLATE

Terima Kasih Telah Berkunjung dan Berkanan Membaca artikel dari Blog Kami, Silahkan Masukan Komentar Untuk menambah Motivasi Kami.

Post A Comment:

0 comments: