Bismillahirrahmanirrahim... pada postingan ini saya ingin sedikit membahas tentang Load balancing, saya rasa sobat sudah pada tau apa itu load balncing??? apalagi jika sobat seorang ahli jaringan komputer, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Load Balncing.
Load Balancing
Load Balancing 

Load Balancing adalah teknik untuk mendistribusikan beban trafik pada dua atau lebih jalur koneksi secara seimbang, agar trafik dapat berjalan secara optimal, memaksimalkan throughput dan  memperkecil waktu tanggap dan menghindari overload pada salah satu jalur koneksi.

Selama ini banyak dari kita yang beranggapan salah, bahwa dengan menggunakan loadbalance dua jalur koneksi internet , maka besar bandwidth yang akan kita dapatkan menjadi dua kali lipat dari bandwidth sebelum menggunakan loadbalance (akumulasi dari kedua bandwidth tersebut). Hal ini perlu kita perjelas dahulu, bahwa loadbalance tidak akan menambah besar bandwidth yang kita peroleh, tetapi hanya bertugas untuk membagi trafik dari kedua bandwidth tersebut agar dapat terpakai secara seimbang.

Kita akan membuktikan bahwa dalam penggunaan load balancing tidak seperti rumus matematika 512 + 512 = 1024, akan tetapi 512 + 512 = 512 + 512, atau 512 + 512 = 256 + 256 + 256 + 256.

Proses load balancing sebenarnya merupakan proses fleksibel yang dapat diciptakan dengan berbagai cara dan metode. Proses ini tidak dapat dilakukan oleh sebuah perangkat tertentu atau sebuah software khusus saja. Cukup banyak cara dan pilihan untuk mendapatkan jaringan yang dilengkapi dengan sistem load balancing. Cara kerja dan prosesnya pun berbeda-beda satu dengan yang lainnya.

Namun, cara yang paling umum dan banyak digunakan adalah dengan dengan menggunakan Metode NTH ataupun Metode PCC.

Load balancing menggunakan teknik PCC ataupun NTH ini akan berjalan efektif dan mendekati seimbang jika semakin banyak koneksi dari client yang terjadi.Load Balance menggunakan ini bukan selamanya dan sepenuhnya sebuah solusi yang pasti berhasil baik di semua jenis network, karena proses penyeimbangan dari traffic adalah berdasarkan logika probabilitas.

Oke saya rasa artikel tentang Load Balancing di cukupkan sampai disini semoga bermanfaat, Good Luck Happy Blogging.
Source From http://yulianto14.wordpress.com/
Axact

Z-PLATE

Terima Kasih Telah Berkunjung dan Berkanan Membaca artikel dari Blog Kami, Silahkan Masukan Komentar Untuk menambah Motivasi Kami.

Post A Comment:

0 comments: