Bismillahirrahmanirrahim.... pada kesempatan ini saya ingin menulis cara setting AP Bullet M2HP keluaran Ubiquiti Networks, Sebelum ke cara setting sebaiknya sobat mengetahui apa itu Bullet M2HP???

Bullet M2HP adalah salah satu jenis AP (Acces Point) yang di keluarkan oleh perusahaan Ubiquiti Network, saya rasa dari penjelasan singkat tadi sobat bisa memahami apa itu Bullet M2HP.


Sekarang kita langsung ke cara setting Bullet M2HP.
Langkah pertama sambungkan Bullet M2HP dengan Komputer/Laptop atau yang lainnya dengan meggunakan kabel UTP/Kabel Jaringan, dan jangan lupa di pasang adaptornya agar Bullet Bisa nyala, adaptorya bisa menggunakan 15 Volt atau 24 Volt.
Bullet M2HP Ubiquiti
Bullet M2HP Ubiquiti
Langkah Kedua Setting PC/Laptop Sobat dengan IP Addres 192.168.1.5 atau brapa  berapa saja yang penting IP nya masih satu kelas dengan IP Bullet, karna default IP Bullet M2HP adalah 192.168.1.20.

Setelah  PC/Laptop di setting IP address nya (saya rasa sobat sudah tau cara setting IP addres di Laptop/PC) langkah selanjutnya sobat buka web browser bisa menggunakan Mozilla Firefox, Google Chrome atau Web Browser yang lainnya, terus di Address Bar Sobat masukan alamat/IP Address Bullet yaitu 192.168.1.20 karna untuk mengakses bullet diperlukan HTTPS maka sobat perlu mengunduh dulu sertifikatnya, masalah sertifikat di Mozilla Firefox silahkan sobat cari di Google.

Setelah terbuka, sobat memerlukan setting Negara (Lokasi sobat) terus masukan username dan password Bullet M2HP, secara default Username adalah UBNT dan Passwordnya juga UBNT semuanya hurup kecil. 

Setelah sobat login langkah pertama sobat harus tentukan dulu mau dijadikan apa AP Bullet M2HP tersebut karna dalam AP ini ada beberapa pilihan, ada Station (mejadi Client) Acces Point (Menjadi AP) dan Menjadi AP-Repeater (Menjadi Acces Poin dan Repeater).

Pada Tulisan ini saya cuma ingin share Bullet M2HP menjadi AP-Repeater, sebelum seting ke Wifi sebaiknya sobat masuk dulu ke Tab awal atau Klik Logo Ubiquiti terus hilangkan contreng AirMAX.
Gambar Setting Bullet M2HP
Gambar Setting Bullet M2HP
Langkah selanjutnya sobat masuk ke tab Network terus sobat pilih Network Mode dan pilih Bridge Mode, terus sekalian setting IP Addresnya, Netmask,Gateway IP, Primary DNS dan Secondary DNS setelah selesai Klik Cange
Bullet M2HP Sebagai Bridge
Bullet M2HP Sebagai Bridge
Next Step..hehehe gaya sedikit, oke langkah selanjutnya masuk ke Tab Wireles, terus sobat tentukan Mode Wireles, disini saya menggunakan Mode AP-Repeater, terus jika sobat mempunyai AP yang lain dan akan menyambungkannya dengan AP Bullet maka sobat harus memasukan Mac Addres dari AP Bridge, langkah selanjutnya tentukan Chanel, nah chanel yang bagus untuk Bullet ini adalah Chanel berapa yah???, menurut para ahli chanel yang bagus unutuk Bullet M2HP adalah chanel diatas 100 dan saya lupa lagi chanel berapa..hehe, jika sobat penasaran silahkan sobat bisa cari di google dengan kata kunci Frekuensi VS Chanel Ubiquiti,  namun karna kita di daerah indonesia maka yang tersedia hanya 13 Chanel, untuk yang bagus Bisa samapi 24 dbm yaitu chanel 1, atau jika sudah ada yang pakai coba sobat pakai chanel 5 itu hampir sama dengan chanel 1.

Selanjutnya sobat setting antena gain, menurut para ahli Jaringan Nirkabel jangan sampai di isi nol (0) atau lebih dari 2 dBi, jadi harus di isi berapa?? ya antara 1 dan 2 saja, katanya biar poll abis sinyalnya..hehe.
 
Setting Wireles Bullet M2HP
Setting Wireles Bullet M2HP 
Dan Jangan lupa di setting SSID wifinya sesuai keinginan sobat, jika sudah geser ke bawah dan klik Change.

Jika sudah selesai coba sobat ke Tab Main dan Lihat Transmit CCQ nya, jika masih kecil coba diset lagi dan disesuaikan supaya transmitnya menjadi maksimal.
Transmit CCQ Bullet M2HP
Transmit CCQ Bullet M2HP
               
Oke deh saya rasa tulisan pada kesempatan ini sampai disini dulu, jika masih banyak kesalahan dan kekurangan harap maklum karna saya juga dalam proses belajar, atau sobat bisa tambahkan dalam kotak komentar. Akhir kata dari saya Good Luck Happy Blogging

  
    
Axact

Z-PLATE

Terima Kasih Telah Berkunjung dan Berkanan Membaca artikel dari Blog Kami, Silahkan Masukan Komentar Untuk menambah Motivasi Kami.

Post A Comment:

7 comments:

  1. bermanfaat gan, siap dipraktekan, ini lagi belajar seting2

    BalasHapus
  2. Thanks gann...mau ty kalo nano2 bs dijadikan ap repeater tdk yaa..trimksh

    BalasHapus
  3. jika tidak bisa di setting lewat browser padahal bullet sdh di reset ke IP pabrik.. sedangkan jika di ping via command prompt responnya bagus.. bagaimna solusinya boss.. mohon arahan.. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba lewat SSH gan setting nya...itu koneksinya pakai kabel atawa wireles??

      Hapus
  4. Saya pake M2 dengan Country Indonesia, pada Tab Advanced, Kotak di Installer EIRP Controler di Centang, dan di Tab Wireless di kotak Calculate EIRP Limit jangan dicentang, nanti akan didapatkan Output power sampai 28dbm, dengan AirMax di enabled. Dengan Chanel All (Select All)
    Itu berlaku sama baik AP maupun Client.
    Jarak AP dengan Client saya 6 KM, CCQ bisa mencapai antara 80-86%, dengan sinyal -70dbm -75dbm.
    Semoga bisa membantu..

    BalasHapus