Bismillahirrahmanirrahim... Z-Plate.Net. Pada kesempatan ini saya ingin sedikit menyimpan catatan tentang cara Setting Nano Station M2 Sebagai AP Repeater, langsung saja untuk setting Nano Station M2 sebagai AP Repeater sangat mudah, sobat tinggal ikuti saja langkah langkah di bawah ini.
Langkah pertama set IP Address Komputer/PC dengan IP 192.168.1.22 atau berapa saja terserah yang penting masih satu subnet dengan IP Aksess Poin, karena defaut IP Ubiquiti yaitu 192.168.1.20.
Ubiquiti Nanostation M2 150mbps, 2,4ghz, 11 Dbi Airmax
Ubiquiti Nanostation M2 150mbps, 2,4ghz, 11 Dbi Airmax

Setelah IP Komputer di set, langkah selanjutnya buka web browser terus ketik alamat IP Akses Point di adrees bar 192.168.1.20, terus login dengan user default ubiquiti, untuk user masukan ubnt dan passwordnya juga sama ubnt. terus pilih Country atau negara, untuk hasil maksimal pilih Compilance test, tapi untuk Nano Station M2 yang baru pilihan negara untuk Compilance Test tidak ada, nah untuk memuculkan compilance test pada Ubiquti silahkan sobat bisa cari di search engine google, untuk sementara pilih negera United State terus ceklis di bawah, setalah itu login.

Untuk setting Nano Station M2 sobat bisa lihat gambar di bawah ini.

Setting Nano Station M2
Setting Nano Station M2
Gambar diatas menunjukan main pada Ubiquti Nano Station M2, perlu di perhatikan sebenarnya setting diatas kurang Pool atau kurang mantap karena TX Signal -88 dan RX Signal -87 itu  karena radio yang saya pasang kurang tinggi, saya pasang antena ini pada jarak 4 KM dari jarak AP Pusat dan kodisi lapangan banyak pepohonan yang tinggi-tinggi dan banyak bukit yang menghalangi, ketinggian radio ini cuma 6 Meter memakai pipa besi 1 lente, tapi jika ketinggian lebih dari itu Insya Allah sinyal akan lebih bagus, tapi meskipun dengan signal yang begitu minim AP ini bisa transfer sampai 13 Mbps.

Langkah selanjutnya kita masuk ke menu Wireles, penampakan gambarnya seperti di bawah ini.

Setting Nano Station M2 Sebagai AP Repeater
Setting Nano Station M2 Sebagai AP Repeater
Untuk setting Wirelesnya seperti gambar di atas, 
Wireles Mode : AP-Repeater 
WDS Peers : Masukan MAC Addrees AP Pusat 
SSID : Masukan Nama bebas terserah sobat
Country : Kalo bisa usahakan Compilance Test
Channel : sesuaikan dengan AP Pusat
Frequensi : sesuaikan dengan AP pusat, disini saya menggunakan frequensi 2452 atau Channel 9
Jika sudah selesai klik Change terus klik Apply, langkah selanjutnya Masuk ke  Tab Network

Setting Nano Station M2 Ubiquiti
Setting Nano Station M2 Ubiquiti
Pada tab Network Sobat tinggal setting Management Network, setting IP Address, Netmask,Gateway, dan DNS.
IP Adrress : Susaikan dengan AP Pusat 
Netmask : Samakan dengan AP Pusat
Gateway : untuk gateway juga sama, samakan dengan AP pusat
setelah itu klik tombol Change untuk merubah settingan yang sudah kita masukan. Langkah selanjutnya klik Tab Advanced, untuk settingnya lihat gambar di bawah ini.

Nano Station M2 Wireles Network
Nano Station M2 Wireles Network
Pada Tab Advnced saya setting seperti di atas, untuk distance saya poll kan aja semunya terus Autonya tidak di ceklis, untuk Client Isolation saya sengaja tidak di Ceklis, karena jika di Ceklis AP Nano Station M2 ini tidak mau menjadi Repeater, signal ada tapi di Client Tidak mendapatkan IP Address (Obtaining IP Address) dari Router, sehingga Client tidak bisa konek Intenet, terkecuali jika AP Nano Station M2 ini langsung konek ke Router dengan menggunakan Kabel UTP/STP, ini menurut pengalaman, tapi jika sobat penasaran silahkan sobat bisa coba coba dan bedakan antara Client Isolation di ceklis dan tidak. Jika sudah sobat tinggal Klik Tombol Change, terusk klik Apply.

Oke sobat semua ssekian dulu postingan Setting Nano Station M2 Sebagai AP Repeater, jika masih banyak kekurangan silahkan sobat bisa masukan di kolom komentar, akhir kata dari saya Good Luck Happy Blogging.   
               
Axact

Z-PLATE

Terima Kasih Telah Berkunjung dan Berkanan Membaca artikel dari Blog Kami, Silahkan Masukan Komentar Untuk menambah Motivasi Kami.

Post A Comment:

0 comments: